Pengertian bank sentral


Fungsi utama paling mendasar dari sebuiah bank sentral suatu Negara adalah megaatur jumlah uang yang beredar dalam prekonomian.
Tetapi dalam pilitiknya, bank sentral melakukan banyak fungsi mulai dari penagaran penyelesaian giro sampai kepada pemberian izin, pembinaan, dan pengawasaan perbangkan.

Penambahan besarnya fungsi-fungsi bank sentral memang sulit dihindari, karena dunia nyata tidaklah sideal yang dibayankan. Aspek politis dan histori sangat mewarnai dan memengarihi perkembagan perbankan di setiap Negara. Bahkan di Negara-negara kapitalis yang mengandalkan mekanisame pasar, perlusan fungsi bank senral dalam dunia nyata..

1. Agen fiscal memerintahkan
Dimana bank sesntral berfungsi sebagai penasehat dan member bantuan untuk mengelolah berbagai masalah/tranksaksi keuangan pemerintah. Misalnya member pnjaman kepala pemerintahdan memberikan asset-aset financial milik perintah.

2. Banknya bank
Bank sentral memberi bantuan kepada bank-bank yang mengalami kesulitan likuiditaas. Fungsi ini juga dikenali sebagai lender of last resort.

3. Menentukan kegiatan moneter
Dalam hal ini terutama adalah pengendalian jumlah uang ekonomi yang bertujuan mengarahkan kondisi mikroekomomi kearah yang lebih baik dan atau diinginkan.

Selain tiga fungsi bank tersebut, umumnya bank sentral juga melaksanakan beberapa fungsi dibawah ini.

4. Pengawasan, evaluasi, dan pembinaan perbangkan
Salasatu yang mendasari ppentingnya fungsi ini adalahkarena ketidak sempurnaan pasar (industry perbagkan). Hal ini akan menimbulkan eksternalisasi yang munkin dan penyebab kegagalan pasar, yang sangat mengangu stabilitas perekonomian.

5. Penaganan teransaksi giro
Dengan fungsi ini bank sentral mengefisiensikan kegiatan transaksi yang mengunakan alat pembayaran giro, sebab teranksaksi tersebutterjadin dalam jumlah yang besar, antar bank, antarwilayah, dan antar Negara.

6. Riset-riset ekonomi
Riset-riset ekonomiu yang di lakukan bank sentral terutama adalahyang berkaitan dengan masalah-masalah dan pengembagan sector moneter. Riset ini dibutuhkan sebgai masukan dalam penentuan kebijakanekonomi khususnya kebijakan moneter.



0 komentar:

Posting Komentar